Selasa, 14 Mei 2013


SINOPSIS     
Wanita Bermata Shangrila
Pemuda itu terpekur, tak ada yang berani menegur. Dia tergugu dalam pilu, wajah kusut penuh kerut, mata berkaca menyimpan dalamnya duka. Dia tampak diam, namun rupanya masih ada gumam yang pelan terdengar,
“Shangrila, mata shangrila.” Demikian gumamannya berulang-ulang.
Semua orang telah paham, dia pemuda dengan hati poranda. Karena keping-keping harapnya yang telah tersia. Kesedihannya bermuara pada seseorang. Seorang wanita bermata shangrila. Wanita itu telah menorehkan cinta yang sekejap berubah menjadi luka menganga. Kepahitan yang ia rasakan tak berujung. Kepiluannya mengisi tiap sudut relung.
Seorang sahabat mendekat, menyentuh bahu dan mendekapnya erat. “Ceritakan pada kami,” katanya “Agar bebanmu di hati terkurangi. Berbagilah masalah, agar tak ada lagi resah.”
Pemuda berhati poranda itu mulai bicara. Dengan suara pelan dia bercerita,
“Wanita itu, wanita bermata shangrila. Wanita yang membuat luka. Dia datang tanpa diundang, hanya bermula dari diskusi-diskusi ringan tentang tulisan. Dia memberi saran dan komentar, dan dengan senang hati memberi apresiasi. Kemudian, dia juga mulai bercerita tentang dirinya, berbagi pengalaman tentang kehidupan, suka duka yang ia jalani, pahit getir yang ia lalui. Kekagumanku pun muncul, simpatiku timbul. “
Pemuda berhati poranda itu berhenti sejenak, mengatur nafas yang mulai sesak.
“Suatu ketika ia nyatakan kerinduan. Berikutnya adalah kata sayang. Dan lelaki mana yang tak menerima saat wanita bermata shangrila ada di hadapannya. Dia penuhi hari-hari dengan sanjung pujian yang membesarkan hati. Simpulku, kami saling menyukai. Tapi rupanya itu hanya bayang-bayang semuku. “
Lagi, pemuda berhati poranda berhenti, dan di sampingnya sang sahabat masih setia menanti kata berikutnya.
“Suatu hari dia, wanita bermata shangrila itu berkata, ‘Aku tak lagi bisa menyapa dan tak bisa memberi apa-apa., kau pun kuminta tak lagi menemui.’ Saat itu akalku buntu, lidahku kelu. Rupanya dia telah mempunyai calon suami jauh hari sebelum aku ia datangi. Kecewaku panjang, kenapa ia tak katakan sejak awal. Sedang kini bunga-bunga itu terlanjur bermekaran. Hatiku dipenuhi tanya, untuk apa ia ungkapkan kerinduan dan kata sayang jika tak bisa menyatukan? Untuk apa ia tuangkan pujian dan sanjungan jika hanya akan meninggalkan? Sebenarnya Apa yang ada dalam benaknya hingga tega membuatku nestapa? Dia menggoreskan luka nganga yang entah kapan tersembuhkan.”
Sang sahabat masih diam, siap mendengar kalimat lanjutan. Setelah yakin tak ada kata, rengkuhnya semakin erat. Sebagai isyarat sebuah nasehat tanpa ucap, “Engkau harus kuat.”
Sahabat itu menatap lembut wajah tampan berkabut. Pemuda ini terlalu sering dilanda nestapa, tak sekali dua hatinya terluka.
“Tak adakah kata untukku.”Pemuda berhati poranda ambil suara.
Sang sahabat tersenyum, dan mulai berbicara panjang.
“Ketika hati patah, akan tetap ada kecewa dan duka. Namun kehidupan ini tetap berjalan tanpa peduli keadaan kita. Tidak ada pilihan lain selain menerima apa adanya, berlapang dada, memasrahkan jiwa hanya pada-Nya dan berusaha sekuat tenaga menggapai cita-cita. Yah, karena itu semua lebih dekat dengan pintu surga.”
Pemuda berhati poranda berdecak, nafas berat dihembuskan berharap kelapangan datang. “Dia wanita bermata shangrila.” gumamnya kemudian.
Sang sahabat memandangnya, mencoba mengukur seberapa dalam nganga luka di hati sang pemuda.
“Tak kah kau ingat kata-katamu sendiri, ” Sang sahabat diam sebentar, membiarkan kalimatnya mengambang untuk mencuri perhatian.
“Kata-kata yang kau pahat di hati sebagai prasasti? ‘Masih banyak manusia yang harus ditemui, masih banyak kota yang harus disinggahi, kenapa harus berhenti?’ Bukankah itu kata-katamu dulu? Apa hanya karena wanita kau akan korbankan cita? Apa hanya karena mata yang bak shangrila kau akan tumbang di tengah jalan? Tidakkah kau ingin mahkota cahaya tersemat di atas kepala kedua orang tua? Tidakkah kau ingin menjadi bagian keluarga-Nya yang berjalan di antara manusia…?”
“Kau belum pernah jatuh cinta.” potong pemuda berhati poranda.
“Cinta? Cintamu itu semu! Hanya fatamorgana yang menipu. kalau memang cintamu diridhoi, kenapa larut dalam kalut? kenapa kau rasakan hatimu teriris sembilu? kenapa kau berkubang dalam kegelisahan dan kedukaan yang dalam? Dia bukan hakmu,bukan rizkimu. Wanita itu meskipun ia bermata shangrila lupakan saja.”
Pemuda berhati poranda membantah,”Tak semudah itu…”
Sang sahabat menggelengkan kepala, “Aku mulai kehilangan akal menghadapimu. Cara apa lagi yang bisa kulakukan agar bisa membuatmu lepas dari belenggu benalu?”
Keduanya kemudian terdiam, larut dengan pikiran dalam kebisuan. Sang sahabat tak tega melihat pemuda berhati poranda tampak makin nelangsa. Dia pun kembali berkata,
“Engkau tentu sudah hafal di luar kepala apa yang akan kukatakan kali ini. Sebuah ayat yang paling engkau sukai di saat kecewa mendatangi.” Sang sahabat berhenti sejenak menunggu reaksi.
“Sapi betina, tidakkah kau suka?” lanjutnya dengan nada canda.
Senyum setipis garis hadir di bibir. “Ya, Al Baqoroh.” kata pemuda berhati poranda.
Sang sahabat menganguk sembari berkata, “Al Baqoroh, halaman ke tiga belas dari juz dua. baris pertama. Tentu kau ingat ayatnya.”
“Aku ingat,” Jawab sang pemuda berhati poranda. “216. Wa ‘asaa antakrohu syaian wa huwa khoirul lakum, wa ‘asaa antuhibbu syaian wa huwa syarrul lakum.” Pelan ia lantunkan ayat Al Qur’an.
“Bukankah itu cukup untuk menerima semua dengan lapang dada?” tanya sang sahabat.
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu.” Sang sahabat memberi jeda, dan berharap pemuda berhati poranda mau merenungkan kata-katanya.
“Kekalahan demi kekalahan itu memang menyakitkan.Memang berat memberi nilai pada kehidupan. Namun kepahitan yang dirasakan paling tidak akan menambah kedewasaan. Dan semoga saja melipatkan catatan kebaikan di mizan.”
Mereka berdua kembali larut dalam kebisuan. Pemuda berhati poranda mencoba mencerna kata-kata sahabatnya. Dia memandang langit, berharap keluasan disana melapangkan hati sempit yang tersudut diantara sakit.
“Aku akan tetap mengenangnya…” kata pemuda berhati poranda memecah keheningan.
“Siapa?” tanya sang sahabat.
“Wanita bermata shangrila, siapa lagi kalau bukan dia?”
“Kamu masih mengharapkannya?” sambut sang sahabat dengan nada kecewa. Pemuda berhati poranda menggeleng.
“Seperti katamu, aku tak punya hak untuk itu.”
“Lalu apa maksudmu mengenang ?”
“Aku akan mengenangnya sebagai teman yang pernah berbagi pengalaman, sebagai guru yang banyak mengajariku, sebagai saudara yang pernah mengatakan cinta dan sebagai adik kecil yang senantiasa mengharap rasa sayang dari kakaknya.”
Sang sahabat tersenyum, “Asal kamu tak mengenangnya sebagai wanita yang pernah kau damba.”
“Entah kalau itu, aku belum tahu apa aku akan mampu. Hanya saja akan kupatrikan harapan baru untuknya…”
“Apa itu?” Tanya sang sahabat.
“Wanita bermata shangrila, semoga dia dipertemukan dengan lelaki calon ahli surga yang akan menyertainya di dunia dengan cinta, dalam taqwa.”
“Sebuah harapan mulia. Dan bagaimana denganmu?”
“Aku akan melanjutkan perjalanan, meniti jalan tuhan dan tak kan berhenti hingga mati.”
“Dan bagaimana dengan kisah percintaanmu nantinya?”
“Yah mungkin akan berakhir seperti sayyid Quthb yang syahid di tiang gantungan dalam keadaan membujang, Atau seperti Imam Nawawi yang menjauhi pernikahan karena tak ingin berbuat dzolim pada wanita disebabkan oleh kezuhudannya pada dunia. Mungkin juga seperti Imam Ahmad bin Hanbal yang terlambat menikah karena kesibukannya mencari ilmu dan hikmah.”
“Kenapa kau selalu mengambil contoh yang tampak tragis seperti itu? Kenapa tak ingin seperti Anas bin Malik saja? Yang punya panjang usia dan banyak anaknya?”
“Itu juga boleh.”Timpal pemuda dengan senyum tersungging di bibir, rupanya hatinya tak lagi poranda.



APRESIASI CERPEN
OLEH : SEMIUN PETRUS
NPM   : 110401080023
M.K     : PEMBELAJARAN PROSA FIKSI
Standar Kompetensi   :  Menggunakan tiga pendekatan dalam apresiasi, yaitu : pendekatan analitis, pendekatan didaktis, dan pendekatan emotif.
Kompetensi Dasar       :  Menentukan tiga pendekatan dalam mengapresiasi selain dari enam   pendekatan yang ada.
1.      Pendekatan Analitis
Judul          :    -           Wanita Bermata Shangrila
Tokoh         :    -           Pemuda berhati poranda (Tokoh Utama)
-          Seorang sahabat (Tokoh Utama)
-          Wanita Bermata Shangrila (Tokoh Utama)
-          Calon Suami (Tokoh Pendukung)

Penokohan      :  - Pemuda berhati poranda adalah Tokoh utama yang berhati pilu wajah kusut
penuh kerut, mata berkaca menyimpan dalamnya duka. => Pemuda itu terpekur, tak ada yang berani menegur. Dia tergugu dalam pilu, wajah kusut penuh kerut, mata berkaca menyimpan dalamnya duka. Dia tampak diam, namun rupanya masih ada gumam yang pelan terdengar.
-  Seorang sahabat adalah Tokoh Utama yang berhati lembut yang berusaha menghibur pemuda berhati poranda itu yang lagi di landa duka dalam hidupnya dan berusaha mendengarkan masalah yang sedang dialaminya => Seorang sahabat mendekat, menyentuh bahu dan mendekapnya erat. “Ceritakan pada kami,” katanya “Agar bebanmu di hati terkurangi. Berbagilah masalah, agar tak ada lagi resah.”
-  Wanita bermata shangrila adalah Tokoh utama yang sudah berani menorehkan luka yang dalam di hati seorang berhati poranda => "Suatu hari dia, wanita bermata shangrila itu berkata, ‘Aku tak lagi bisa menyapa dan tak bisa memberi apa-apa., kau pun kuminta tak lagi menemui.
-  Calon Suami adalah tokoh pendukung yang merupakan calon suami dari wanita bermata shangrila. =>Saat itu akalku buntu, lidahku kelu. Rupanya dia telah mempunyai calon suami jauh hari sebelum aku ia datangi. Kecewaku panjang, kenapa ia tak katakan sejak awal. Sedang kini bunga-bunga itu terlanjur bermekaran. Hatiku dipenuhi tanya, untuk apa ia ungkapkan kerinduan dan kata sayang jika tak bisa menyatukan? Untuk apa ia tuangkan pujian dan sanjungan jika hanya akan meninggalkan? Sebenarnya Apa yang ada dalam benaknya hingga tega membuatku nestapa? Dia menggoreskan luka nganga yang entah kapan tersembuhkan.
Alur                             : - Cepen ini menggunakan Alur Mundur =Pemuda berhati poranda itu mulai Bicara. Dengan suara pelan dia bercerita,  “Wanita itu, wanita bermata shangrila. Wanita yang membuat luka. Dia datang tanpa diundang, hanya bermula dari diskusi-diskusi ringan tentang tulisan. Dia memberi saran dan komentar, dan dengan senang hati memberi apresiasi. Kemudian, dia juga mulai bercerita tentang dirinya, berbagi pengalaman tentang kehidupan, suka duka yang ia jalani, pahit getir yang ia lalui. Kekagumanku pun muncul, simpatiku timbul. “
Latar                            : - Di kamar kerja saudara tua.
Tema                           : - Seorang pemuda yang sedang terluka karna hatinya di sakiti oleh seorang wanita yang dicintainya.
Amanat                       : - Janganlah sekali-kali kita memberikan peluang kepada seseorang untuk   menaruh perasaan kepada kita, jika pada akhirnya kita tidak bisa membalas perasaan tersebut, karna itu bisa melukai perasaan seseorang dan bisa membuatnya larut dalam kesedihan.








2. Pendekatan Didaktis
Pendekatan didaktis adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan cara memahami gagasan, tanggapan evaluatif dan sikap pengarang terhadap kehidupan. Dalam penerapannya, pendekatan didaktis menuntut daya kemampuan intelektual, kepekaan rasa, maupun sikap yang mapan dari pembacanya. Penggunaan pendekatan ini diawali dengan upaya pemahaman satuan-satuan pokok pikiran yang terdapat dalam suatu cipta sastra. Satuan pokok pikiran itu pada dasarnya disarikan dari paparan gagasan pengarang.
Judul   : Wanita Bermata Shangrila
           



















3. Pendekatan Emotif 
            Pendekatan Emotif adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan cara menemukan unsur-unsur yang mengajuk emosi dan perasaan pembaca. Ajukan emosi dapat berupa keindahan atau sesuatu yang baru yang bisa menghibur para penikmat karya sastra, atau pun tentang ide-ide serta gagasan yang lucu dan menarik yang terdapat dalam karya sastra yang mereka nikmati.

Dasar-dasar pendekatan emotif adalah :
·        Karya sastra hadir untuk dinikmati, memberi hiburan dan kesenangan.
·        Menemukan wujud keindahan dalam karya sastra, oleh sebab itu dengan melakukan pendekatan emotif, para penikmat karya sastra dapat merasakan keindahan dari tiap karya sastra yang mereka baca, dengar atau lihat.

Judul   : Wanita Bermata Shangrila

           


PENDEKATAN DALAM APRESIASI SASTRA
Pendekatan dalam apresiasi sastra dapat ditentukan oleh tujuan terhadap apayang akan diapresiasikan dalam teks sastra tersebut. Pendekatan apresiasi sastra terproses lewat kegiatan memahami atau memaknai sebuah karya sastra. Proses memahami atau memaknai suatu karya sastra dapat dilakukan dengan beberapapendekatan antara lain :
1.      Pendekatan Emotif 
Pendekatan Emotif adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan cara menemukan unsur-unsur yang mengajuk emosi dan perasaan pembaca. Ajukan emosi dapat berupa keindahan atau sesuatu yang baru yang bisa menghibur para penikmat karya sastra, atau pun tentang ide-ide serta gagasan yang lucu dan menarik yang terdapat dalam karya sastra yang mereka nikmati.

Dasar-dasar pendekatan emotif adalah :
·        Karya sastra hadir untuk dinikmati, memberi hiburan dan kesenangan.
·        Menemukan wujud keindahan dalam karya sastra, oleh sebab itu dengan melakukan pendekatan emotif, para penikmat karya sastra dapat merasakan keindahan dari tiap karya sastra yang mereka baca, dengar atau lihat.

2.      Pendekatan Didak tis
Pendekatan didaktis adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan cara memahami gagasan, tanggapan evaluatif dan sikap pengarang terhadap kehidupan. Dalam penerapannya, pendekatan didaktis menuntut daya kemampuan intelektual, kepekaan rasa, maupun sikap yang mapan dari pembacanya. Penggunaan pendekatan ini diawali dengan upaya pemahaman satuan-satuan pokok pikiran yang terdapat dalam suatu cipta sastra. Satuan pokok pikiran itu pada dasarnya disarikan dari paparan gagasan pengarang.

3.      Pendekatan Analitis
Pendekatan analitis adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan  cara membedah dan memahami unsur-unsur atau elemen-elemen yang membangun karya sastra itu sendiri. Unsur yang membangun karya sastra terbagi atas dua unsur yakni :

a.       Unsur Intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur pembentuk karya sastra yang terdapat dalam karya itu sendiri seperti tema, alur, amanat, bahasa, setting dan sebagainya.
b.      Unsur Ekstrensik
Unsur Ekstrinsik adalah unsur pembentuk karya sastra yang berasal dariluar karya karya sastra tersebut seperti latar belakang pengarang, politik, budaya, agama, dan sebagainya.
Dasar - dasar pendekatan analisis
·        Karya sastra terbentuk dari unsur-unsur
·        Setiap elemen mempunyai fungsinya sendiri dalam suatu karya sastra
·        Elemen-elemen dalam suatu karya sastra harus disikapi sebagai satu kesatuan 

4.      Pendekatan Parafratis
 Pendekatan paraphrase atau parafratis adalah proses pendekatan apresiasi karya sastra yang bertujuan mempermudah pemahaman kandungan makna dari karya sastra, dengan cara mengungkapkan kembali karya sastra tersebut ke dalam paragraf atau bentuk lain. Pengungkapan kembali karya satra tersebut dapat menggunakan kata atau kalimat yang berbeda dengan yang digunakan pengarang,

5.      Pendekatan sosiopsikologis      
Pendekatan sosiopsikologis merupakan pendekatan      :
a.                   Berusaha memahami latar belakang kehidupan sosial budaya pada saat karya sastra diciptakan.
b.                  Berusaha memahami latar belakang kehidupan masyarakat pada saat karya sastra diciptakan.
c.                   Berusaha memahami sikap pengarang terhadap lingkungannya ataupu jaman saat karya sastra diciptakan.
6.      Pendekatan Historis
Pendekatan historis adalah pendekatan yang menekankan pada pemahaman tentang biography pengarang, latar belakang, peristiwa kesejarahan yang melatarbelakangi masa-masa terwujudnya karya sastra yang dibaca, serta tentang bagaimana perkembangan kehidupan penciptaan maupun kehidupan sastera sendiri pada umumnya dari zaman ke zaman.



NAMA           : SEMIUN PETRUS
NPM               :110401080023
M.K                : SOSIO – PSIKOLOGI SASTRA
KELAS          : 2011 A         

JUDUL NOVEL   : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
PENGARANG      :Tjahja Gunawan Diredja
THN TERBIT       :2007
PENERBIT           :Buku Harian KOMPAS
TOKOH UTAMA : Chairul Tanjung
SINOPSIS
Buku ini ditulis oleh Tjahja Gunawan Diredja yang juga merupakan wartawan Harian Kompas. Buku ini diberi kata pengantar oleh Jakob Oetama, Pendiri dan Pemimpin Umum Harian Kompas.

Buku ini mengisahkan penggalan perjalanan pahit getir dan jatuh bangunnya Chairul Tanjung alias CT sebagai pengusaha yang merintis usaha dari nol tanpa fasilitas dari pemerintah. Buku yang terdiri 384 halaman ini juga dilengkapi sejumlah foto yang mengisahkan berbagai aktivitas bisnis maupun kegiatan sosial CT. Termasuk beberapa foto saat CT masih remaja.

Pada buku ini antara lain memaparkan bahwa dalam usia 50 tahun, CT telah berhasil menjadi tokoh sukses di berbagai bidang. Terutama pada bidang bisnis properti, perbankan, asuransi, perhotelan, pasar modal, dan media massa. Total asetnya pun kini bernilai triliunan rupiah.

Majalah Forbes, sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang didirikan pada 1917 oleh BC Forbes, pada Maret 2012 mengeluarkan daftar 1.226 orang terkaya di dunia. Sebanyak 17 di antaranya adalah orang Indonesia. Nah, nama CT termasuk di antara 17 nama itu. Tepatnya pada urutan 634 orang terkaya di dunia. Kekayaan pribadi CT disebut mencapai dua miliar dolar AS atau setara Rp 18 triliun (kurs: 1 dolar AS = Rp 9.000).

Padahal, CT bukan berasal dari keluarga anak konglomerat. Juga bukan anak jenderal. Bos CT Corp (Chairul Tanjung Corpora) yang menaungi puluhan perusahaan ini mengaku sebagai anak dari keluarga sederhana.

Ayahnya, AG Tanjung, adalah wartawan sekaligus pengelola surat kabar beroplah kecil sejak Orde Lama. Namun saat Orde Baru berkuasa, surat kabar yang dikelola ayahnya itu kemudian dipaksa tutup karena berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu. Kondisi ini membuat orangtuanya menjual rumah dan berpindah tinggal.

Masa kecil CT dilewati di Gang Abu, Batutulis, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Katanya, pada tahun 1970-an, merupakan satu di antara kawasan terkumuh di Jakarta. Jalanan tanah, becek, dan banjir kala hujan. Semua rumah di kawasan ini merupakan rumah petak kecil, beratap pendek, dinding tambal sulam, dan tak ada bangunan bertingkat.

Kondisi keuangan orangtua CT pun saat itu terbatas. Ibu CT, Halimah, sampai harus menggadaikan kain halus miliknya untuk membiayai kuliah pertama CT di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI). Namun sadar dengan keterbatasan keuangan orangtuanya, Chairul tumbuh menjadi anak yang kreatif, pekerja keras, dan mandiri sejak muda. Kini ia pun menuai hasilnya.
SINOPSIS BUKU Chairul Tandjung Si Anak Singkong
Masa Mahasiswa Chairul Tandjung
Di buku ini juga mengisahkan bahwa sejak kuliah di FKG UI, CT pun harus mencari sendiri uang agar bisa membiayai kebutuhan kuliahnya. Di awali dengan membuka usaha fotokopi di kampusnya. Lalu masuk ke bisnis alat-alat kedokteran gigi untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekannya.

Sembari menjalankan bisnis di kampus, CT juga aktif dalam urusan gerakan kemahasiswan. Buktinya ia sempat dipercaya sebagai Ketua Ex-Officio Dewan Mahasiswa UI. Lalu pada 1984, ia terpilih menjadi Koordinator Mahasiswa se-Jakarta. Pada tahun yang sama, ia juga terpilih sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional.

Saat mahasiswa, ia dan rekannya terlibat dalam gerakan menolak militerisme masuk UI dengan menggelar mogok kuliah. Tak hanya menggembok, tapi juga mengelas pintu masuk fakultas. Pasalnya, saat itu terdengar isu bahwa Mayjen TNI Nugroho Notosusanto akan diangkat Rektor UI menggantikan Prof Dr Mahar Mardjono.

Selepas kuliah, CT pernah mendirikan PT Pariarti Shindutama yang memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor. Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha membuat bisnisnya pun semakin berkembang. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega.

Di bidang bisnis bidang penyiaran dan multimedia, ia juga sukses membesarkan Trans TV. Lalu membeli TV7 dan mengubah namanya menjadi Trans7. Lalu membuat Trans Studio. Satu di antaranya adalah Trans Studio Mall yang ada di Makassar. Pada 1 Desember 2011, Chairul meresmikan perubahan nama Para Grup menjadi CT Corp. CT adalah singkatan dari namanya.

Mungkin dinilai sukses di bidang bisnis dan telah menjadi konglomerat serta pemilik media massa, CT sempat ditawari beberapa petinggi untuk bergabung di partainya. Namun ayah dua anak dan suami dari Anita Ratnasari ini menolak bergabung di partai politik. Ia memilih kukuh dan fokus sebagai pengusaha.

Saking larisnya, buku ini telah dicetak ulang hingga cetakan keempat. Buku ini pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Buku Kompas, Juni 2012. Di TB Gramedia, harga buku ini dijual Rp 58 ribu per eksempelar.

Tak sampai sebulan sudah naik cetak hingga 4 kali merupakan rekor fenomenal. Inilah mungkin efek dari kerapnya buku ini diiklankan melalui media massa milik CT sendiri yakni Trans TV, Trans 7, dan Detik.com. Ya, inilah kekuatan lain beriklan di media massa.

Demikian sedikit ulasan mengenai SINOPSIS BUKU Chairul Tandjung Si Anak Singkong.